Kelompok 1

Inovasi Dalam Organisasi Sekolah

            Organisasi secara umum dapat didefinisikan sebagai kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan. Inovasi diartikan penemuan dimaknai sebagai sesuatu yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang baik berupa discovery maupun invensi untuk mencapai tujuan atau untuk memecahkan masalah tertentu. Dengan memahami proses difusi dalam organisasi akan mudah untuk memahami proses difusi inovasi pendidikan, karena pada dasarnya pelaksana pendidikan formal adalah suatu organisasi. Pelaksana pendidikan formal secara nasional (makro) adalah organisasi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan beserta komponen-komponennya, sedangkan pelaksana pendidikan formal secara mikro di sekolah (organisasi sekolah). Proses inovasi adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh individu atau organisasi, mulai sadar atau tahu adanya inovasi sampai menerapkan (implementasi) inovasi. Ada berbagai model proses inovasi dengan perbedaan dasar orientasinya, yaitu yang berorientasi pada individual dan berorentasi pada kelompok.

            PSBG adalah wadah kerjasama guru-guru dan sebagai tempat mendiskusikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kemampuan profesional, yaitu dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai, kemajuan proses pembelajaran. Di PSBG guru-guru dapat mendiskusikan masalah untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran serta memikirkan kemungkinan pemecahannya berdasarkan pengalaman dan ide-ide yang bersumber dari guru-guru itu sendiri. Semua masalah yang menyangkut upaya perbaikan pembelajarab dapat dibahas dan dipecahkan dalam forum ini. Kegiatan-kegiatan yang dibahas diantaranya penyusunan program pembelajaran, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, pembuatan dan penggunaan alat peraga, pemanfaatan sumber belajar, penilaian hasil belajar, penataan ruang kelas, pengelolaan kelas, penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dan kegiatan lain yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran.

            Pembentukan PSBG diharapkan dapat memfasilitasi dan mempelancar upaya peningkatan kemampuan kreativitas dan profesionalisme para guru, kepala sekolah, dalam upaya meningkatkan mutu proses pembelajaran bernuansa PAKEM. Sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan hasil belajar siswa dengan mendayagunakan segala sumber belajar yang ada berdasarkan program yang telah disusun dan disepakati bersama berlandaskan otonomi pengelolaan sekolah dari gugus.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: