BAB V Penutup

Kesimpulan

Pembangunan untuk meningkatkan kualitas pendidikan memerlukan dukungan banyak faktor, salah satu faktor penting, bahkan terpenting, adalah peran tenaga pendidik yang sangat menentukan dalam peningkatan kualitas pendidikan tersebut.

Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengembangkan profesi tenaga pendidik agar semakin berkualitas sehingga dapat berperan lebih produktif dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan.

Dalam pengembangan profesi tenaga pendidik sebagai perancang masa depan, hal yang penting adalah membangun kemandirian di kalangan tenaga pendidik sehingga dapat lebih mampu untuk mengaktualisasikan dirinya guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Dalam hubungan ini tujuh pelajaran seperti  belajar kreatif, belajar seperti kupu-kupu, belajar keindahan dunia dan indahnya jadi pendidik, belajar mulai dari yang sederhana dan konkrit, belajar rotasi kehidupan, belajar koordinasi dengan orang profesiona, belajar ke luar dengan kesatuan fikiran. Dapat menjadi dasar pengembangan tersebut, sehingga dapat tumbuh sikap inovatif tenaga pendidik/pendidikan dalam melaksanakan peran dan tugasnya mendidik masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik dan berkualitas.

Saran

Untuk mengembangkan tenaga pendidik, diperlukan beberapa strategi yang dilakukan baik oleh kepala sekolah maupun lembaga pendidikan itu sendiri. Inovasi tenaga pendidik sebaiknya dilakukan tidak hanya disekolah yang bertaraf  internasional atau memiliki program khusu saja tetapi harus dilakukan disekolah manapun demi mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena murid yang cerdas terlahir dari tenaga pendidik yang cerdas juga.

 Daftar Pustaka

UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas. (pdf)

PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (pdf)

Melawi. Tenaga pendidik wajib miliki empat kompetensi (2011) [Online] 7 Oktober 2011 http://www.borneotribune.com

Saputra, Uhar . pendidikan pengembangan profesi. [ Online ] 7 Oktober 2011 uharsputra.wordpress.com

Pendidik dan tenaga kependidikan. [ Online ] 5 Oktober 2011 http://www.dinaspendidikan-parepare.

Peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di banten. (2011). [ Online ] 5 Oktober  2011 edukasi.kompasiana.com

Tingkatkan kualitas pendidik melalui classroom action research (2010). [Online] 5 Oktober 2011 http://www.beritakota.net

Pengertian kompetensi tenaga pendidik. (2011). [online] 3 Oktober 2011 typecat.com/pdf/.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: