SMA Pasundan 8 Bandung

Hasil Observasi SMA Pasundan 8

Observasi dilakukan di SMA  Pasundan 8 yang terletak di wilayah Jl. Cihampelas, Bandung. SMA Pasundan merupakan sekolah swasta dibawah naungan Yayasan.

Profil Sekolah

SMA Pasundan 8 terletak di Jl. Cihampelas No. 167 Bandung 40131. SMA Pasundan 8 telah terakreditasi “A” (anat baik) Sk. BAS Propinsi Jawa Barat No. 02.00/001/BAS/2006 dan telah menyandang predikat sebagai Sekolah Unggulan Sekolah Berstandar Nasional (SSN/SKM SK. Dirjen MPDMP SMA No. 501/C4/LL/2007). SMA Pasundan 8 bandung memiliki status sama dengan SMA Negeri (Dasar SK. Dirjen Dikdasmen Depdikbud No. 488/C/Kep/1/92).

Sekolah ini menggunakan kurikulum berbasis KTSP dengan sistem pembelajaran mandiri FULLDAY SCHOOL (belajar 5 hari), mengantarkan lulusan untuk:

  • Bekerja di kantor-kantor dan perusahaan
  • Melanjutkan ke perguruan tinggi (PT)

Proses Pembelajaran

Pembelajaran di SMA Pasundan 8 dilakukan mulai dari pagi hari hingga siang. Proses pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran biasa dengan cara tatap muka langsung dikelas. Para guru di SMA Pasundan memakai model pembelajaran Cooperative Learning, yaitu merupakan salah satu model pembelajaran yang mendukung pembelajaran kontekstual. Sistem pengajaran Cooperative Learning dapat didefinisikan sebagai sistem kerja/ belajar kelompok yang terstruktur. Di SMA Pasundan ini, setiap guru diwajibkan untuk dapat mengoperasikan komputer dan memakainya dalam setiap proses pembelajaran. Setiap guru diwajibkan memiliki laptop dan selalu membawanya pada setiap proses pembelajaran dikelas berlangsung.

Tenaga Pendidik di SMA Pasundan 8

Tenaga pendidik yang ada di SMA Pasundan 8 berjumlah 51 orang dan hampir semuanya merupakan tenaga pendidik yang berkualifikasi S1 dan memiliki akta 4. 1/3 dari keseluruhan tenaga pendidik merupakan PNS dan sisanya merupakan tenaga honorer.

Sistem Perekrutan Tenaga Pendidik

Sistem perekrutan Tenaga pendidik (guru) di sma pasundan 8 dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :

  1. Pengambilan dari mahasiswa yang sedang dan telah melakukan PPL yang  telah direkomendasikan yang dirasa mempunyai kemampuan yang bagus dalam mengajar.
  2. Hasil lamaran dari beberapa orang yang telah mendaftar. Dari cara ini, tes yang dilakukan adalah wawancara dan penilaian dari nilai IP yang didapat.
  3. Selain dua hal diatas, cara perekrutan pun dilakukan dengan pengambilan dan penerimaan rekomendasi dari orang-orang terpercaya yang dapat mempertanggungjawabkan calon yang direkomendasikannya.

Sistem Penempatan Tenaga Pendidik

Penempatan guru setelah perekrutan disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian dari masing-masing guru tersebut. Misalkan apabila mata pelajaran  bahasa inggris, maka guru yang harus mengajarnya pun harus guru yang memang mempunyai keahlian dan kemampuan di bidang bahasa inggris. Namun apabila pada keadaan yang mendesak, bisa saja guru yang tidak sesuai dengan mata pelajaran namun masih relevan dalam rumpun pengetahuan yang sama, bisa mengajar mata pelajaran yang kosong tersebut. Contohnya, apabila sekolah sedang membutuhkan guru sosiologi, namun tidak memungkinkan untuk merekrut guru lagi, maka sekolah menugaskan guru sejarah yang masih serumpun dalam ilmu sosial.

Pembinaan Tenaga Pendidik

Pembinaan bagi guru-guru di sma pasundan 8 masih memanfaatkan fasilitas dari lembaga pemerintah. Adapun program dari sekolah yaitu Workshop an IHT.

Reward and Punishment

Pada dasarnya, pengelolaan dalam Sumber Daya Manusia tidak akan lepas dari reward dan punishment yang diberikan. Hal ini akan membantu menunjang dalam peningkatan kinerja pada sumber daya manusia tersebut. Reward yang diberikan akan menjadi pendorong motivasi bagi pegawai untuk menjadi lebih baik dan meningkatkan kinerjanya. Sedangkan punishment akan menjadi alat control bagi pegawai untuk tidak melakukan hal-hal yang mrugikan bagi lembaga maupun dirinya sendiri.

Begtupun di SMA Pasundan 8 ini, ada sistem reward and punishment yang diberikan pada pegawainya.

Reward yang diberikan yaitu :

a. Penghargaan

Setiap guru / pegawai yang telah melakukan tugasnya dengan baik akan diberikan suatu penghargaan minimal ucapan selamat.

b. Tunjangan

Bagi setiap pegawai yang memiliki tugas tambahan dari pekerjaannya, akan diberi tunjangan berupa insentif tambahan atau bonus.

c. Wisata

Ada kegiatan wisata bagi guru-guru dan pegawai yang  diadakan oleh pihak sekolah dalam rangka memberikan liburan bagi pegawai untuk dapat berefreshing dan lebih meningkatkan kedekatan silaturahmi antar pegawai.

Pemberhentian

Masa tidak produktif bagi guru-guru dan pegawai di SMA Pasundan8 adalah sekitar 60-65tahun. Setelah pegawai berusia 60-65 tahun akan dilakukan pemberhentian hak kerja.

Pembiayaan

Karena SMA Pasundan 8 merupakan sekolah swasta, maka kebanyakan pembiayaan dipenuhi oleh pembayaran SPP dari peserta didik. Peserta didik diwajibkan membayar SPP setiap bulannya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh sekolah. Pembayaran insentifpun merupakan anggaran dari sekolah kecuali pegawai yang telah menjadi PNS yang merupakan tanggungan pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: