BAB I Pendahuluan

1.1  Latar Belakang

Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan serta melakukan penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat. Dalam Pasal 1 Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan dinyatakan bahwa Pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.

Dalam pasal 39 UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, menyatakan bahwa Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.

Kewajiban Pendidik dan Tenaga Kependidikan yaitu 1.Pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis. 2. Pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan.3. Pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang ditawarkan kepadanya. 4. Pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban membina keimanan dan loyalitas, pribadi terhadap ajaran Islam, ideologi negara Pancasila dan UUD 45 dan lembaga. Pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban menjunjung tinggi kebudayaan bangsa sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. 5. Pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan pengabdian.6. Pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban meningkatkan kemampuan profesional sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 7. Pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban menjaga nama baik pribadi, profesi dan lembaga sesuai dengan kepercayaan yang diberikan masyarakat, bangsa, negara dan agama.

Dari semua tugas pendidik dan tenaga kependidikan diatas tersebut, dapat dikatakan bahwa di era globalisasi saat ini mereka harus dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan mereka untuk dapat menjalankan tugasnya secara baik dan dapat menghadapai tantangan di era global sekarang ini.

1.2  Rumusan Masalah

  1. Bagaimana kompentensi tenaga pendidik dalam pandangan yuridish?
  2. Bagaiamana efektivitas sertifikasi saat ini antara harapan dan kenyataan?
  3. Bagaiamana project pendidikan di indonesia dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik?
  4. Strategi apa yang dilakukan dalam implementasi inovasi dalam membangun tenaga pendidik yang berdaya saing global?

1.3  Tujuan

Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Inovasi Pendidikan, selain itu penyusunan makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi pada pembaca mengenai bagaimana tenaga pendidik di Indonesia yang berdaya saing global.

1.4  Manfaat

Manfaat dari penyusunan makalah ini yaitu para pembaca sedikit banyak dapat megetahui mengenai situasi dan keadaan tenaga pendidik saat ini. Serta dapat memberitahukan informasi mengenai inovasi apa yang harus dilakukan agar para tenaga pendidik dapat berkembang dan berdaya saing global.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: